Manfaat-kapal-otok-otok
Kapal Mainan

Manfaat Kapal Otok-otok yang Tidak Kita Tahu

Trendkapal.com – Masih Ingat dengan Kapal otok-otok? Masih ingat tidak ya hehe

Diera modern dengan canggihnya teknologi yang meluncurkan berbagai jenis games di handphone, laptop dan tablet, sebenarnya masih ada permainan tradisional yang masih populer hingga sekarang yaitu kapal otok-otok.

Permainan ini dijual sejak tahun 1980an hingga kini di pasar tradisional atau saat acara besar.

Mainan ini terbuat dari seng atau kaleng bekas dan berbentuk kapal perang dengan dua meriam kecil yang menghadap ke depan, seorang awak kapal, dan bendera Indonesia yang dipasang di ekor kapal.

Tanpa mekanisme yang rumit, mainan kapal unik ini bisa melaju dengan gagah di air layaknya kapal sungguhan.

Bila mengingat dampak negatif dari permainan yang ada di handphone, laptop ataupun tablet. Para orang tua khawatir terhadap perkembangan anaknya baik dari segi mental maupun fisik. Maka dari itu, lebih baik memilih permainan tradisional seperti kapal otok-otok karena ada beberapa manfaatnya sebagai berikut.

Manfaat Kapal Otok-otok

Sedekade yang lalu, mainan kapal ini bukanlah mainan yang bisa dipandang sebelah mata, karena merupakan salah satu mainan yang cukup digemari oleh anak-anak SD pada waktu itu.

1. Kapal otok-otok Menghibur Anak-Anak

Permainan unik ini mirip kapal sungguhan dan berjalan diatas air dan mengelilingi tempat air. Bila kita meletakkan di baskom berbentuk lingkaran, maka kapal tersebut akan berjalan mengelilingi lingkaran.

Selain itu, suara klotok…klotok yang khas membuat anak terhibur bermain kapal-kapalan ini.

2. Kapal Otok-otok Membuat Anak Bermain Sesuai Dengan Usianya
Kapal-kapalan ini sangat sesuai dengan usia anak dalam masa bermain bila dibandingkan dengan permainan teknologi zaman sekarang yang seharusnya hanya digunakan untuk orang dewasa.

3. Kapal Otok-otok Mengenalkan Teknologi Sederhana

Memperkenalkan teknologi sederhana pada anak melalui permainan kapal ini sangatlah berguna. Sebab kapal-kapalan ini juga menggunakan alat yang sederhana namun terkesan canggih dikarenakan tanpa mesin yang rumit.

kapal-otok-otok-mengenalkan-teknologi-sederhana

Hal itu dapat kita perhatikan ketika kapal diletakkan di permukaan air, air akan masuk melalui knalpot dan mengisi dasar ruang pembakaran. Saat kita membakar lilin yang terdapat di ruang pembakaran, api akan memanaskan air.

Air yang mendidih pun akan berubah menjadi uap dan uap akan mencari jalan keluar melalui pipa knalpot sambil mendorong sisa air yang ada di dalam knalpot sehingga kapal bergerak maju.

Ketika uap keluar, bagian dalam knalpot pun kosong sehingga air akan masuk dan dipanaskan kembali selama api masih menyala. Lalu kapal tetap dapat melaju di air.

4. Kapal otok-otok Membuat Anak Berfikir Kreatif

Kapal-kapalan ini juga dapat membuat anak berfikir dengan kreatif, mereka akan berfikir tentang cara pembuatannya. Lalu anda sebagai orang tua dapat menjelaskan. Jika perlu, anda dapat membuatnya.

Anda hanya perlu mempersiapkan selembar seng, gunting, spidol, solder, timah, cat besi, dan kuas. Anda buat pola badan kapal dan ruang pembakaran di lembar seng kemudian gunting seng mengikuti pola.

Setelah itu, bentuk pola badan kapal dan ruang pembakaran sesuai desain dan rekatkan dengan timah panas menggunakan solder. Letakkan kapal di permukaan air untuk memastikan bahwa kapal tidak bocor. Setelah itu, cat seluruh bagian kapal menggunakan cat besi agar terlihat lebih menarik.

Nah, kapal unik ini lebih bermanfaat kan dari pada permainan di handphone, laptop dan tablet. Mari, kita sebagai orang tua memperkenalkan permainan tradisional kepada anak.

Leave a Reply

Required fields are marked*